PENDAHULUAN
Terwujudnya keadaan sehat adalah kehendak semua pihak. Tidak hanya oleh orang per orang, tetapi juga oleh keluarga, kelompok dan bahkan oleh masyarakat. Untuk dapat mewujudkan keadaan sehat tersebut banyak hal yang perlu dilakukan. Salah satu diantaranya yang dinilai mempunyai peranan yang cukup penting adalah menyelenggarakan pelayanan kesehatan.(Blum, 1974).
Batasan
Jika menyebut perkataan administrasi kesehatan, ada dua pengertian yang terkandung di dalamnya, yakni pengertian administrasi dan pengertian kesehatan. Administrasi berasal dari kata administrare (Latin: ad=pada, ministrare=melayani). Dengan demikian, jika ditinjau dari asal katanya, administrasi berarti memberikan pelayanan kepada.
Beberapa pengertian administrasi
• Dwight Waldo
Administrasi adalah kegiatan kerjasama secara rasional yang tercermin pada pengelompokkan kegiatan menurut fungsi yang dilakukan.
• Robert D. Calkins
Administrasi adalah kombinasi antara pengambil keputusan dengan pelaksanaan dari keputusan tersebut untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
• George R. Terry
Administrasi adalah upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan mempergunakan orang lain.
• Koontz O’Donnell
Administrasi adalah upaya mencapai tujuan yang diinginkan dengan menciptakan lingkungan kerja yang menguntungkan.
• Social Science Encyclopedia
Administrasi adalah suatu proses dengan mana upaya untuk mencapai tujuan tertentu dapat dilaksanakan dan diawasi.
Beberapa pengertian kesehatan
• Perkin, 1938
Sehat adalah suatu keadaan seimbang yang dinamis antara bentuk dan fungsi tubuh dengan berbagai faktor yang berusaha mempengaruhinya.
• WHO, 1947 & UU Pokok Kesehatan No.9 Tahun 1960
Sehat adalah suatu keadaan sejahtera sempurna fisik, mental dan sosial yang tidak hanya terbatas pada bebas dari penyakit atau kelemahan saja.
• WHO, 1957
Sehat adalah suatu keadaan dan kualitas dari organ tubuh yang berfungsi secara wajar dengan segala faktor keturunan dan lingkungan yang dipunyainya
• White, 1977
Sehat adalah keadaan dimana seseorang pada waktu diperiksa oleh ahlinya tidak mempunyai keluhan ataupun tidak terdapat tanda-tanda penyakit atau kelainan.
• UU Kesehatan No. 23 Tahun 1992
Sehat adalah suatu keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi.
Dari uraian tersebut, jelaslah bahwa yang dimaksud dengan Administrasi Kesehatan tidak lain ialah administrasi yang diterapkan pada upaya kesehatan demi terciptanya suatu keadaan sehat.
Penjabaran pengertian administrasi kesehatan yang cukup mewakili adalah yang disusun oleh Komisi Pendidikan Admini-strasi Kesehatan Amerika Serikat, pada tahun 1974.
Pengertian Administrasi Kesehatan
Administrasi kesehatan ialah suatu proses yang menyangkut perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, peng-koordinasian dan penilaian terhadap sumber, tata cara dan kesanggupan yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan terhadap kesehatan, perawatan kedokteran serta ling-kungan yang sehat dengan jalan, menyediakan dan menyeleng-garakan berbagai upaya kesehatan yang ditujukan kepada perseorangan, keluarga, kelompok dan ataupun masyarakat.
Unsur Pokok Administrasi Kesehatan
Jika diperhatikan batasan administrasi kesehatan di atas, terlihat bahwa dalam batasan tersebut ditemukan setidak-tidaknya lima (5) unsur pokok yang peranannya amat penting dalam menentukan berhasil atau tidaknya pelaksanaan admini-strasi kesehatan.
Kelima unsur pokok yang dimaksud ialah :
o Masukan (Input)
Yang dimaksud dengan masukan (input) dalam administrasi adalah segala sesuatu yang dibutuhkan untuk dapat melaksana-kan pekerjaan administrasi.
Masukan ini dikenal pula dengan nama perangkat administrasi (tools of administration). Masukan dan atau perangkat administrasi tersebut banyak macamnya. Beberapa di antaranya yang terpenting adalah :
• Komisi Pendidikan Administrasi Kesehatan AS
Membedakan masukan dan atau perangkat administrasi atas 3
macam:
1. Sumber (resources)
Yang dibedakan atas 3 macam:
a. Sumber tenaga (labour resources)
- tenaga ahli (skilled) seperti dokter, drg, bidan,
perawat
- tenaga tidak ahli (unskilled) seperti pesuruh, penjaga malam dan pekerja kasar lainnya.
b. Sumber modal (capital resources)
- modal bergerak (working capital) seperti uang dan
giro
- modal tidak bergerak (fixed capital) seperti
bangunan, tanah dan sarana kesehatan
c. Sumber alamiah (natural resources)
Adalah segala sesuatu yang terdapat di alam yang
tidak termasuk sumber tenaga dan sumber modal
2. Tata Cara (Procedures)
Adalah berbagai kemajuan ilmu dan teknologi kedokteran
yang dimiliki dan yang diterapkan
3. Kesanggupan (Capacity)
Adalah keadaan fisik, mental dan biologis tenaga
pelaksana.
• Koontz dan Donnells
Membedakan masukan dan atau perangkat administrasi atas 4
macam yakni :
1. Manusia (man)
2. Modal (capacity)
3. Manajerial (managerial)
4. Teknologi (technology)
• Pembagian lain yang banyak di kenal di masyarakat, ialah yang disebut dengan 4 M (utk organisasi yang tidak mencari keuntungan):
- Manusia (man)
- Uang (money)
- Sarana (material)
- Metoda (method)
• Untuk organisasi yang mencari keuntungan dibagi menjadi 6 M:
- Manusia (man)
- Uang (money)
- Sarana (material)
- Metoda (method)
- Pasar (marketing)
- Mesin (machinery)
o Proses (Process)
Adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Proses ini dikenal pula dengan nama fungsi administrasi (function of administration). Pada umumnya, proses dan ataupun fungsi administrasi ini merupakan tanggung jawab pimpinan.
Beberapa pembagian proses dan ataupun fungsi administrasi yang terpenting sebagai berikut:
• Komisi Pendidikan Adm. Kes. AS, membedakan fungsi administrasi atas 6 macam:
1. Perencanaan (planning)
2. Pengorganisasian (organizing)
3. Pengarahan (directing)
4. Pengawasan (controlling)
5. Pengkoordinasian (coordinating)
6. Penilaian (evaluation)
• Freeman
Membedakan fungsi administrasi atas 6 macam:
1. Perencanaan (planning)
2. Penggerakan (actuating)
3. Pengkoordinasian (coordinating)
4. Bimbingan (guidance)
5. Membebaskan (freedom)
6. Pertanggungjawaban (responsibility)
• George R. Terry
Membedakan fungsi administrasi atas 4 macam:
1. Perencanaan (planning)
2. Pengorganisasian (organizing)
3. Penggerakan (actuating)
4. Pengawasan (controlling)
Fungsi adm. Ini terkenal dgn singkatan POAC
• Barton
Membedakan fungsi administrasi atas 8 macam:
1. Perencanaan (planning),
2. Pengorganisasian (organizing),
3. Penyusunan staf (staffing),
4. Penyusunan anggaran belanja (budgeting),
5. Pelaksanaan (implementing),
6. Pengkoordinasian (coordinating),
7. Pelaporan (reporting) dan
8. Penilaian (evaluation)
• Luther M. Gullick
Membedakan fungsi administrasi atas 7 macam:
1. Perencanaan (planning),
2. Pengorganisasian (organizing),
3. Penyusunan staf (staffing),
4. Pengarahan (directing),
5. Pengkoordinasian (coordinating),
6. Pelaporan (reporting),
7. Penyusunan anggaran belanja (budgeting).
Fungsi adm ini dikenal dgn singkatan POSDCORB.
• Hendry Fayol
Membedakan fungsi administrasi atas 5 macam:
1. Perencanaan (planning)
2. Pengorganisasian (organizing)
3. Perintah (comanding)
4. Pengkoordinasian (coordinating)
5. Pengawasan (controlling)
Untuk memudahkan pelaksanaannya, fungsi administrasi disederhanakan menjadi 4 macam:
1. Perencanaan (planning)
Didalamnya termasuk penyusunan anggaran (budgeting)
2. Pengorganisasian (organizing)
Didalamnya termasuk penyusunan staf (staffing)
3. Pelaksanaan (implementing)
Didalamnya termasuk pengarahan (directing), pengkoor-
dinasian (coordinating), bimbingan (guidance), penggerakan
(actuating), & pengawasan (controlling)
4. Penilaian (evaluation)
Didalamnya termasuk penyusunan laporan(reporting)
o Keluaran (Output)
Adalah hasil dari suatu pekerjaan administrasi. Untuk administrasi kesehatan keluaran tersebut dikenal dengan nama pelayanan kesehatan (health services). Saat ini pelayanan kesehatan, secara umum dibedakan atas 2 jenis:
- Pelayanan kedokteran (medical services)
- Pelayanan kes-mas (public health services)
o Sasaran (Target)
Adalah kepada siapa keluaran yang dihasilkan, yakni upaya kesehatan tersebut, ditujukan. Sasaran yang dimaksudkan dalam administrasi kesehatan dibedakan atas 4 macam:
- Perseorangan
- Keluarga
- Kelompok
- Masyarakat
Dapat bersifat sasaran langsung (direct target) atau tidak langsung (indirect target)
o Dampak (Impact)
Adalah akibat yang ditimbulkan oleh keluaran. Untuk administrasi kesehatan, dampak yang diharapkan ialah makin meningkatnya derajat kesehatan. Peningkatan derajat kesehatan hanya akan dapat tercapai bila kebutuhan (needs) dan tuntutan (demands) perseorangan, keluarga, kelompok dan atau masyarakat terhadap kesehatan, pelayanan kedokteran serta lingkungan yg sehat dpt terpenuhi. Kebutuhan dan tuntutan ini adalah sesuatu yang terdapat pada pihak pemakai jasa pelayanan kesehatan (health consumer).
Selasa, 12 April 2011
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
ESTABLISHMENT OF INDIVIDUAL CONSONANCE IN MAKASSAR MUSLIM COMMUNITIES ON CONDOMS THROUGH LOCAL FUNCTION INSTITUTION Adam Badwi, Munadh...
-
Pendahuluan Distrik Pantai Utara Irian Jaya merupakan daerah yang terpotong-potong oleh sungai-sungai dan aliran-aliran kecil yang tak t...
-
ESTABLISHMENT OF INDIVIDUAL CONSONANCE IN MAKASSAR MUSLIM COMMUNITIES ON CONDOMS THROUGH LOCAL FUNCTION INSTITUTION Adam Badwi, Munadh...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar